Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Aplikasi BlackBerry Ganti Nama

Kompas.com - 30/11/2012, 15:03 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Toko aplikasi online perangkat BlackBerry yang sebelumnya bernama App World akan berganti nama jadi BlackBerry World. Nama itu diganti menjelang kehadiran sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013.

"BlackBerry App World akan berubah nama jadi BlackBerry World," kata Alec Saunders, Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion (RIM). Perusahaan asal Kanada ini juga mengumumkan hal itu melalui jejaring sosial Twitter.

Di toko aplikasi ini, RIM tak hanya menyediakan aplikasi dan game, juga ada konten video dan musik. Dengan ini, RIM siap bersaing dengan Google Play dan Apple iTunes dalam berjualan konten digital.

Namun, RIM belum menjelaskan secara rinci perjanjian lisensi dengan penyedia konten atau pemilik hak cipta video dan musik.

Dalam acara konferensi pengembang aplikasi BlackBerry Jam Asia, di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012), Saunders mengklaim bahwa membuat aplikasi di BlackBerry lebih menguntungkan untuk pengembang dibandingkan dua sistem operasi pesaing, iOS dan Android.

"Developer BlackBerry mendapat pemasukan 4 persen lebih tinggi dibanding developer iOS dan 40 persen lebih besar dari developer Android," ujar Saunders tanpa merinci angka persisnya.

Jika kelak BlackBerry 10 hadir di pasaran, RIM memastikan aplikasi-aplikasi populer dan relevan telah tersedia untuk diunduh di BlackBerry World. Selain itu, RIM juga meningkatkan jumlah aplikasi lokal yang sesuai dengan pasar dan selera pengguna di masing-masing negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com