Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2012, 11:53 WIB

Kompas.com - Kebiasaan mengasup berbagai makanan "enak" tetapi kurang sehat perlu diimbangi dengan pembersihan alias detoksifikasi beberapa kali dalam setahun.

Ahli gizi Christine Gerbsatdt, penulis buku The Doctor's Detox Diet memberikan cara lebih sehat dan efektif untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh sebagai berikut:

1. Perbanyak cairan
Air akan membersihkan sistem tubuh dengan menjaga ginjal, liver, usus, dan limfa bekerja dengan baik. Minumlah air sebanyak dua liter setiap hari ditambah satu atau dua cangkir teh. Ada cara untuk mengetahui apakah kita sudah cukup mengonsumsi cairan, yakni jika kita bisa buang air kecil tiap beberapa jam sekali dan warna urin tidak pekat.

2. Kurangi kalori

Bila biasanya Anda mengonsumsi sekitar 1.800 kalori, kali ini kurangi sedikit menjadi sekitar 1.400 - 1.600 kalori. Meski dikurangi tetapi tubuh tetap berenergi. Jika Anda menguranginya sampai 1.200 kalori tubuh akan mulai membakar otot bukannya lemak. Selain itu kita juga beresiko kekurangan vitamin.

3. Mulai dengan sarapan sehat

Banyak orang merasa tak punya waktu untuk sarapan.  Padahal melewatkan sarapan bisa membuat kita kelaparan sepanjang hari. Pilih menu sarapan yang sehat seperti oatmeal, roti gandum, atau telur orak-arik.

4. Perbanyak sayuran

Untuk makan siang dan makan malam, konsumsi smoothie sayuran. Blender beberapa jenis sayuran sekaligus ditambah buah untuk mendapatkan sedikit rasa manis dan protein (putih telur, tahu, atau yogurt plain). Kombinasi ini akan memberikan Anda vitamin, mineral, fitokemikal, dan antioksidan yang dibutuhkan. Satu porsi smoothie ini mengandung sekitar 300 kalori sehingga Anda perlu meminumnya 2-3 kali dalam sehari.

5. Tambahkan protein

Tentu saja terkadang segelas smoothie tidak cukup memberi energi jika Anda sedang diburu tengat pekerjaan. Tambahkan sumber protein tanpa lemak ke dalam piring Anda, misalnya ikan, ayam tanpa kulit, atau kacang-kacangan.

6. Hindari makanan ini

Selama program detoks ini, hindari makanan yang mengandung gula yang disaring, tepung dan nasi, daging tinggi lemak, susu (kecuali tanpa lemak), serta semua jenis soda dan alkohol.

7. Bergeraklah

Mungkin Anda merasa kurang bertenaga untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tetapi olahraga dengan intensitas rendah sebaiknya tetap dilakukan untuk menjaga sirkulasi darah sehingga proses pengeluaran toksin lebih lancar.

8. Jangan takut gluten

Meski sekarang ini sedang tren pola makan bebas gluten, tetapi Dr.Gerbstadt mengatakan bahwa biji-bijian utuh sebenarnya membantu kita mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara menghilangkan kolesterol.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com