Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2012, 06:02 WIB

TANYA :

Yang terhormat Prof. Wimpie, saya sedang mengalami kekhawatiran dan depresi yang besar karena di umur 20 tahun ini, saya telah mengalami ejakulasi dini. Bila masturbasi saya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk ejakulasi.  Hal ini benar-benar menghantui saya. Apakah yang harus saya lakukan dok, dan rata-rata ejakulasi normal seseorang itu berapa lama? Terimakasih. 

(Santoso, 20, Jakarta)

JAWAB :

Kekhawatiran justru dapat memperburuk ejakulasi dini, bahkan dapat menimbulkan akibat lainnya pada fungsi seksual. Padahal belum tentu Anda mengalaminya karena memang belum pernah melakukan hubungan seksual.

Anda menganggap ejakulasi dini ketika melakukan masturbasi. Ada tiga saran saya untuk Anda. Pertama, lenyapkan kekhawatiran itu karena Anda belum tentu mengalami ejakulasi dini.

Kedua, jangan lakukan masturbasi secara tergesa-gesa dengan tujuan agar cepat orgasme dan ejakulasi. Ketiga, kalau kelak setelah menikah Anda terbukti mengalami ejakulasi dini, segeralah berkonsultasi lebih lanjut untuk mendapat pengobatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com