Kompas.com - 14/12/2012, 11:31 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Para ilmuwan menemukan cara alami untuk meningkatkan kesuburan, terutama pada kaum pria. Riset menunjukkan, mengurangi asupan daging merah, kopi, dan alkohol secara tidak langsung akan meningkatkan kesuburan pria.

Dalam penelitian sebelumnya, peneliti telah menemukan bahwa diet yang buruk dan obesitas dapat menurunkan konsentrasi sperma dan memengaruhi kemampuan sperma untuk berenang ke arah telur.

Para ahli kini menganjurkan agar para pria lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan biji-bijian untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam program bayi tabung atau (Fertilisasi in-vitro).

"Konsentrasi sperma yang negatif dipengaruhi oleh indeks massa tubuh (BMI) dan konsumsi alkohol. Sedangkan konsentrasi sperma yang positif dipengaruhi oleh konsumsi sereal dan jumlah makanan per hari," ungkap Borges Edson, pemimpin riset dari Fertility-Assisted Fertilization Center di Sao Paolo, Brasil.

Penelitian yang digagas Edson melibatkan 250 pria asal Brasil dan pasangan yang sedang menjalani perawatan kesuburan atau biasa disebut injeksi sperma intrastoplasmik (ICSI). Para peserta diminta keterangan terkait seberapa sering mereka mengonsumsi beragam jenis makanan, termasuk buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, dan ikan. Peserta juga didata berapa banyak mereka minum alkohol dan merokok. Setelah itu, sampel air mani kemudian dianalisis untuk menilai kesehatan sperma selama proses IVF.

Hasil riset menunjukkan, hanya tiga perempat telur dari peserta yang berhasil dibuahi, dan hanya di bawah 40 persen perempuan yang berhasil hamil selama dilakukan studi tersebut. Melihat kecepatan sperma, peneliti berpendapat bahwa pria yang mempunyai kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan pola makan buruk cenderung kurang subur.

Lynn Westphal, ahli kesehatan perempuan dan kesuburan dari Universitas Stanford, berharap bahwa hasil yang dipublikasikan dalam journal Fertility and Sterility akan mendorong orang untuk menerapkan gaya hidup sehat.

"Kita berbicara tentang penerapan gaya hidup sehat dan berusaha untuk menghilangkan hal-hal yang berpengaruh buruk bagi kesehatan. Tapi saya pikir, yang paling penting adalah bagaimana memastikan perempuan dalam keadaan sehat," katanya.

"Saya pikir ini benar-benar data yang menarik bahwa faktor gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesuburan pria, bahkan ketika Anda sedang melakukan ICSI sekalipun," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.