Mengatasi Radang Gusi Saat Hamil

Kompas.com - 19/12/2012, 10:57 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, mohon bantuannya.. Saya sedang mengandung 16 minggu, namun 2 minggu belakangan ini saya sering merasakan gusi bengkak dan sampai sakit kepala. Bahkan saat berkumur dan sikat gigi sering keluar darah dari gusi tersebut. Dan terkadang sering terasa keluar nanah dari mulut dok. Apa yang harus saya lakukan dok, mengingat saya tak bisa sembarang minum obat.? Dan apakah hal ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak kami dok? Demikian dari saya dok, mohon penjelasannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Salam.

(Tifa, 26 th,  Jakarta Selatan)


JAWAB :

Ibu Tifa yang baik,

Sepertinya anda sedang mengalami peradangan gusi karena kehamilan atau lebih dikenal dengan pregnancy-associated gingivitis.

Peradangan gusi pada saat hamil, bukan benar-benar disebabkan oleh kehamilannya. Namun tetap disebabkan oleh adanya plak gigi, sama seperti pada pasien wanita yang sedang tidak hamil.

Kehamilan akan mengakibatkan perubahan hormonal pada tubuh pasien, yaitu meningkatnya hormon steroid pada cairan gusi dan peningkatan bakteri Prevotella intermedia yang menggunakan steroid sebagai faktor pertumbuhannya. Hormon-hormon yang dihasilkan pada saat kehamilan juga mempengaruhi sirkulasi darah pada gusi. Sehingga kehamilan akan memodifikasi respons gusi terhadap plak gigi. Dengan kata lain gusi wanita hamil lebih rentan terhadap iritan yang diterima, dan akan menghasilkan penampakan gusi yang tidak normal.

Tingkat keparahan peradangan gusi akan meningkat pada awal trimester pertama, yaitu pada saat hormon gonadotropin diproduksi secara berlebihan atau pada trimester ketiga, yaitu pada saat hormon estrogen dan progesteron berada pada tingkat tertinggi.

Pasien yang sebelum kehamilan sudah memiliki peradangan gusi ringan, harus lebih berhati-hati karena pada saat kehamilan memasuki trimester pertama akan mengalami peningkatan peradangan gusi. Sedangkan pasien yang sebelum kehamilan tidak pernah mengalami perdarahan gusi, harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan rongga mulutnya, karena jika tidak maka akan cepat mengalami perdarahan gusi.

Peradangan gusi akan terus meningkat keparahannya pada kehamilan minggu ke-8, dan akan mulai mereda pada kehamilan minggu ke-9. Namun, keadaan gusi belum bisa kembali normal meskipun sudah melahirkan, apabila faktor penyebab peradangan gusinya tidak dihilangkan.

Ciri-ciri kondisi gusi yang meradang pada pasien yang sedang hamil antara lain:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X