Kompas.com - 20/12/2012, 11:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Kami punya anak perempuan berusia 4 th. Yang mau saya tanyakan anak kami sering basah di telapak tangan semacam keringat, jika mendengar pernyataan teman" anak kami mengalami gangguan di jantung, benarkah apa yang saya dengar, jika benar apa yang harus kami lakukan? Terimaksih sebelum dan sesudahnya. Wassalam.
(Edy, Tegal)

JAWAB :

Keringat berlebihan di telapak tangan dan/atau kaki bisa saja merupakan petunjuk adanya kelainan di organ/sistem tubuh, namun dapat saja merupakan variasi normal dari tubuh seorang anak. Pada kondisi hormon tiroid yang berlebihan (hipertiroid) dapat menyebabkan keringat yang berlebihan di telapak tangan dan kakinya, namun sudah tentu harus disertai kelainan-kelainan lain seperti jantung yang sering berdebar-debar, BAB yang lebih sering frekuensinya, berat badan yang tidak naik-naik, sering gemetaran, bola mata yang lebih menonjol, dan sebagainya.

Bila tidak disertai oleh kelainan-kelainan tersebut maka mungkin saja gejala berkeringat tersebut disebabkan karena kelenjar keringat di telapak tangannya lebih aktif dibandingkan bagian lain. Atau lebih karena faktor psikologis, gampang cemas, lebih sensitif/perasa, dalam tekanan psikologis yang berlebihan, dan sebagainya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.