Kompas.com - 21/12/2012, 11:06 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com – Faktor genetik atau keturunan memang menjadi faktor risiko terjadinya kanker. Selama ini risiko seseorang terkena kanker lebih besar jika orangtua terdiagnosa kanker di usia muda. Namun menurut studi terbaru, risiko kanker tetap besar jika orangtua terdiagnosa di usia lanjut.

Kesimpulan tersebut dihasilkan para peneliti yang menganalisa data di Swedia dan melibatkan 8 juta orang dan orangtua mereka. Ternyata tetap ditemukan risiko kanker cukup tinggi pada mereka yang orangtuanya terdiagnosis kanker di usia muda.

Jenis kanker yang merupakan faktor risiko keturunan antara lain, kanker non-Hodgkin lymphoma sebanyak 1,6%, kanker kandung kemih sebanyak 2,8%, kanker kulit sebanyak 3,5%, kanker kulit melanoma sebanyak 4,6%, kanker paru-paru sebanyak 5%, kanker kolon sebanyak 6,4%, kanker payudara sebanyak 8,8%, dan kanker prostat sebanyak 30,1%.

Para peneliti juga menemukan bahwa antara 35-81% dari kanker pada orang tua terjadi ketika mereka berusia lebih dari 69 tahun. Jenis kankernya antara lain kanker non-Hodgkin lymphoma sebanyak 54%, kanker kandung kemih sebanyak 62%, kanker kulit sebanyak 81%, kanker kulit melanoma sebanyak 35%, kanker paru-paru sebanyak 59%, kanker kolon sebanyak 59%, kanker payudara sebanyak 41%, dan kanker prostat sebanyak 75%.

Menurut para peneliti, belum ada faktor non-genetik yang dapat meningkatkan resiko kanker pada anak ketika orang tua diagnosis terkena kanker. Oleh karenanya resiko kanker besar kemungkinannya ditentukan oleh faktor genetik.

Hasil penelitian ini penting bagi mereka yang sudah memiliki faktor resiko untuk lebih memperhatikan gaya hidupnya, yang dapat menjadi faktor lain yang dapat memperbesar resiko kanker. Meskipun studi ini belum menunjukkan hubungan sebab akibat pada orangtua yang terdiagnosis kanker pada usia tua dengan kenaikan resiko pada anak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.