Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2012, 06:53 WIB

TANYA :

Dear konselor, saya mau bertanya, apakah benar apabila ASI tidak keluar lagi tetapi saya paksakan anak untuk menyusui dapat membuat  anak menjadi bisu? Masalahnya, ASI saya sudah macet tetapi saya pikir dengan dipancing dengan menyusui ASI  dapat keluar lagi.  Usia bayi saya saat ini  3,5 bulan. Apakah memang ASI bisa keluar lagi, karena asi saya hanya keluar dalam 1 bulan pertama akibat anak saya tidak mau nyusu langsung sehingga saya memompa tetapi hanya satu bulan saja ASInya keluar. Terima kasih.

(Koming, 31, Denpasar)


JAWAB :

Hai mom Koming,

Hehehe.... mom ternyata tetap semangat ya untuk menyusui bayi, meskipun ASI sudah tidak keluar lagi...luar biasa tekad mom Koming.

Memang banyak sekali mitos-mitos yang beredar seputar kegiatan menyusui, termasuk salah satunya kepercayaan ini. Semoga sebagai orangtua kita senantiasa dibekali ilmu yang akurat sehingga bisa secara jitu memilih mana yang fakta, mana yang mitos.

Usaha mom Koming untuk memancing ASI agar bisa keluar lagi dengan membiarkan bayi tetap mengisap payudara itu secara ilmu laktasi dikenal dengan istilah: Relaktasi.

Artinya, masih sangat mungkin mom bisa kembali menyusui dan memberikan ASI kepada sang buah hati. Yuk, baca-baca artikel di web AIMI (www.aimi-asi.org) tentang relaktasi, dan hubungi konselor menyusui AIMI yang terdekat agar bisa didampingi selama menjalankan proses ini.

Good luck ya mom! Tetap semangat.

Salam ASI!

Mia Sutanto, SH, LL.M, konselor laktasi
Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com