Kompas.com - 24/12/2012, 06:53 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dear konselor, saya mau bertanya, apakah benar apabila ASI tidak keluar lagi tetapi saya paksakan anak untuk menyusui dapat membuat  anak menjadi bisu? Masalahnya, ASI saya sudah macet tetapi saya pikir dengan dipancing dengan menyusui ASI  dapat keluar lagi.  Usia bayi saya saat ini  3,5 bulan. Apakah memang ASI bisa keluar lagi, karena asi saya hanya keluar dalam 1 bulan pertama akibat anak saya tidak mau nyusu langsung sehingga saya memompa tetapi hanya satu bulan saja ASInya keluar. Terima kasih.

(Koming, 31, Denpasar)


JAWAB :

Hai mom Koming,

Hehehe.... mom ternyata tetap semangat ya untuk menyusui bayi, meskipun ASI sudah tidak keluar lagi...luar biasa tekad mom Koming.

Memang banyak sekali mitos-mitos yang beredar seputar kegiatan menyusui, termasuk salah satunya kepercayaan ini. Semoga sebagai orangtua kita senantiasa dibekali ilmu yang akurat sehingga bisa secara jitu memilih mana yang fakta, mana yang mitos.

Usaha mom Koming untuk memancing ASI agar bisa keluar lagi dengan membiarkan bayi tetap mengisap payudara itu secara ilmu laktasi dikenal dengan istilah: Relaktasi.

Artinya, masih sangat mungkin mom bisa kembali menyusui dan memberikan ASI kepada sang buah hati. Yuk, baca-baca artikel di web AIMI (www.aimi-asi.org) tentang relaktasi, dan hubungi konselor menyusui AIMI yang terdekat agar bisa didampingi selama menjalankan proses ini.

Good luck ya mom! Tetap semangat.

Salam ASI!

Mia Sutanto, SH, LL.M, konselor laktasi
Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.