Kompas.com - 02/01/2013, 11:33 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Saya telah menikah selama 9 tahun. Tapi belum juga diamanahi keturunan. Berbagai upaya telah saya lakukan. Pertama kali test, sperma memang katanya "kurang lincah". Lalu disarankan makan taoge. Itu pun saya lakukan sampai "mabok taoge" saking seringnya :-). Lalu saya pernah baca katanya ada juga pengaruh dari saluran kecing yang masuk bersama sperma. Selama ini saya sering mengalami buang air seni tidak tuntas. Maksudnya jika telah kencing masih suka ada yang mengalir sedikit di penis. Apakah itu berpengaruh pada kualitas sperma? Saya pun memiliki riwayat sering jatuh dari kendaraan. Paling parah kecelakaan tahun 1989 lampau yang membuat harus istirahat total 3 bulan akibat benturan di kepala. Benarkan seringnya benturan di badan akibat kecelakaan mempengaruhi kesuburan seorang pria? Jika memang betul bagaimana untuk mengatasi permasalahan saya? Atas jawaban dan perhatiannya. saya haturkan banyak terima kasih.

(Teddy, 40, Subang)
 

JAWAB :

Kalau selama 9 tahun menikah istri belum hamil, berarti Anda dan istri tergolong pasangan yang tidak subur. Kalau menurut pemeriksaan sperma, ternyata Anda mengalami gangguan, berarti penyebabnya ada di pihak Anda. Bagaimana keadaan kesuburan istri, tentu tergantung pada hasil pemeriksaan juga.

Mengenai sperma Anda yang terganggu (walaupun saya tidak tahu dengan pasti), selanjutnya harus diketahui apa penyebabnya. Jadi tidak bisa hanya dengan makan taoge yang tidak jelas berapa banyak dan dari mana asal taogenya. Tergantung pada penyebabnya, barulah diberikan pengobatan.

Mengenai sering jatuh dari kendaraan, tidak selalu mengakibatkan gangguan sperma atau kesuburan. Tergantung bagian tubuh mana yang mengalami benturan dan sejauh mana akibatnya. Kalau bagian buah zakar yang terbentur, mungkin dapat berakibat buruk bagi kesuburan.

Akhirnya saya sarankan Anda untuk mendapat pemeriksaan yang benar agar dapat diketahui sejauh mana sperma Anda terganggu dan apa penyebabnya. Tanpa pemeriksaan tidak mungkin Anda mendapat pengobatan yang benar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.