Kompas.com - 03/01/2013, 12:06 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:
 
Saat ini saya sedang mengandung 14 minggu dan saya sepertinya mengalami keputihan (kadang-kadang keluar cairan berwarna putih campur bening bentuk cair, dan gumpalan berwarna putih yang sejauh ini tidak berbau dan tidak gatal).
 
Ketika berhubungan intim, gumpalan putih itu menempel di batang penis. Apakah ini berbahaya bagi saya dan perkembangan bayi saya Dok? saya khawatir dengan perkembangan janin yang sedang saya kandung. Terima kasih.
(Eka, Jambi)

JAWAB:

Ibu Eka di Jambi Yth,
Keputihan pada masa hamil adalah proses normal karena memang ada peningkatan produksi cairan di vagina. Asalkan tidak ada bau dan gatal, ibu tidak memerlukan pengobatan.

Upayakan organ intim selalu kering dengan sering mengganti pakaian dalam dan cukup istirahat. Keputihan pada umumnya tidak berbahaya bagi janin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.