Kompas.com - 04/01/2013, 10:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com – Menjadikan tubuh lebih langsing di tahun ini sah-sah saja dipilih sebagai resolusi tahun baru. Namun, hati-hati, ada beberapa resolusi diet yang sebaiknya Anda hapus dari daftar resolusi. Terutama resolusi diet yang cenderung untuk gagal di tengah jalan karena tidak tepat dilakukan untuk diet.

1."Saya akan memulai diet pada tanggal 1 Januari."

Apabila Anda berpikir Anda harus memulai diet pada tanggal 1 Januari, padahal selama malam tahun baru Anda “lepas kontrol” terhadap makanan yang Anda makan, maka jangan harap diet Anda selama 1 tahun akan berhasil. Karena Anda akan berpikir diet merupakan sebuah “siksaan makanan.” Padahal diet bukan berarti kelaparan dan penderitaan, melainkan kebiasaan untuk memilih makanan yang sehat dan rendah kalori.

2. "Saya akan pergi ke gym setiap hari.”

Rumus sederhana untuk menurunkan berat badan adalah membakar kalori lebih banyak daripada yang dimakan. Namun ketika sebelumnya Anda belum pernah ke gym, jangan katakan sejak tahun baru Anda akan pergi ke gym setiap hari. Lakukanlah secara bertahap hingga Anda mampu untuk berolahraga selama 30 menit, lima kali sehari.

3.”Saya akan menimbang berat badan saya setiap pagi”

Mengukur berat badan tiap hari tidak akan terlalu efektif karena perubahannya tidak akan signifikan setiap hari. Sebaiknya Anda membuat perbandingan dengan cara mengambil celana lama Anda yang sudah tidak cukup lagi. Setelah melakukan program diet, barulah coba lagi celana itu. Apabila sudah cukup kembali, maka Anda sudah berhasil.

4.”Saya tidak akan pernah memakan makanan favorit saya lagi”

Hindari kata “tidak akan pernah” dalam sebuah resolusi, karena Anda tidak akan tahu apa yang terjadi. Lebih baik gunakan “saya akan mengurangi porsi dan frekuensi makan makanan favorit saya”. Sekali lagi diet bukanlah penyiksaan. Jika makanan favorit Anda adalah cokelat, es krim, atau makanan berlemak tetaplah makan tapi dalam jumlah sedikit.

5.”Saya akan mengurangi berat badan saya dengan usaha saya sendiri”

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.