Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2013, 08:11 WIB

Kompas.com - Untuk menyingkirkan risiko penyakit jantung koroner, menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) saja tidak cukup. Anda juga perlu menambah kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL).

Apabila LDL memberi tumpangan kepapada kolesterol dan bertanggung jawab atas pembentukan kerak pada dinding arteri, HDL berbuat sebaliknya. Ia menangkapi kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Karena berfungsi sebagai penyelamat, makin banyak HDL yang Anda miliki, maka semakin baik.

Mengubah gaya hidup lebih sehat merupakan cara untuk meningkatkan kadar HDL Anda. Mulai dengan kiat berikut:

1. Cek kadar kolesterol
Lakukan pemeriksaan kolesterol, terutama untuk mereka yang berusia di atas 20 tahun. Dari pemeriksaan ini akan diketahui apakah kadar HDL, LDL atau trigleserida Anda berada dalam kadar normal atau tinggi.

2. Mulai olahraga
Lakukan program latihan olahraga jenis aerobik yang dimulai dengan berlatih selama 20-30 menit lima kali dalam seminggu. Jika Anda merasa tidak kuat melakukan 30 menit latihan dalam satu sesi, bagilah dalam dua sesi. Tingkatkan durasi latihan secara bertahap.

3. Kurangi berat badan
Memiliki berat badan kurus memang tak membuat Anda bebas dari masalah kolesterol. Namun mengalami obesitas bukan cuma menurunkan kadar HDL tapi juga meningkatkan level LDL. Karena itu jagalah selalu berat badan ideal.

4. Berhenti merokok
Jika Anda perokok, berhentilah. Merokok akan menurunkan kadar HDL, lagi pula merokok adalah satu-satunya faktor risiko penyakit jantung yang bisa dicegah.

5. Asupan sehat
Singkirkan makanan cepat saji dan perbanyak asupan yang mengandung antioksidan seperti buah dan sayuran. Selain itu, tingkatkan kadar HDL Anda dengan rutin mengonsumsi makanan sumber asam lemak omega-3.

6. Terapi obat
Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung dan harus meningkatkan level HDL secara signifikan, konsultasikan pada dokter mengenai kemungkinan perlunya obat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com