Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2013, 14:58 WIB

Kompas.com - Sering kerja lembur atau pekerjaan yang membuat stres ternyata bisa membuat badan lebih cepat melar. Ketahui empat faktor lain dari pekerjaan Anda yang bisa membuat Anda mengalami lonjakan berat badan.

1. Sering makan siang di luar

Menjamu klien atau melakukan deal bisnis kini semakin sering dilakukan sambil makan siang di restoran. Namun berhati-hatilah karena hal itu bisa mengganggu program diet Anda. Apalagi jika menunya lengkap dan dalam porsi besar. Padahal Anda tak ingin dianggap tidak sopan di depan klien karena hanya memesan minuman atau snack saja.

Siasati dengan menghindari menu yang digoreng dan hanya memilih menu yang dibakar atau kukus.

2. Terjebak kemacetan

Menghabiskan waktu berjam-jam saat berangkat dan pulang kantor kini dianggap sebagai hal yang normal. Terjebak kemacetan bukan cuma membuat kita lelah, stres, dan lekas marah, tapi juga mengurangi waktu yang berharga untuk berolahraga.

Siasati dengan meluangkan waktu untuk berjalan. Jika Anda memakai kendaraan umum, berhentilah satu halte lebih awal lalu berjalanlah menuju gedung kantor Anda. Bila Anda membawa kendaraan sendiri parkirlah agak jauh sehingga Anda punya waktu untuk berjalan kaki.

3. Kerja lembur

Mereka yang sering bekerja lembur cenderung memiliki stres level lebih tinggi dibanding karyawan yang pulang tepat waktu. Selain itu, kerja lembur juga membuat jam makan bergeser sehingga pola makan menjadi kacau. Berkurangnya waktu tidur juga membuat keinginan ngemil meningkat. Tak heran jika berat badan terus melonjak.

4. Banyak duduk

"Penyakit terlalu banyak duduk" adalah hal yang serius karena tak cuma terkait dengan berat badan tapi juga penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kematian dini. Jika jari Anda adalah satu-satunya bagian tubuh yang konsisten bergerak di jam kerja, ini saatnya membuat perubahan.

Perbanyak hal yang membuat Anda lebih sering bergerak, misalnya alih-alih menelepon rekan kerja di divisi lain, berjalanlah ke mejanya, atau lakukan meeting singkat sambil berdiri. Ambilah jeda setiap dua jam untuk berjalan-jalan atau melemaskan otot.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com