Kompas.com - 11/01/2013, 07:51 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dokter, saya seorang mahasiswi program akhir.  Sekitar enam bulan yang lalu, saya mengalami trauma karena tidak lulus ujian skripsi. Kemudian timbul rasa takut pada dosen penguji. Selama 6 bulan, saya down, blank, tidak bisa berpikir normal, lebih suka menyendiri, menghindari publik, dan diam. Saya bahkan takut untuk pergi ke kampus dan bertemu dengan dosen. Motivasi dari teman, orang tua, dan dosen justru membuat saya semakin tertekan. Apakah gejala yang saya alami termasuk gangguan jiwa? bagaimana cara mengatasinya dokter? Terima kasih.

(Ririn, 22, Semarang)


JAWAB :

Ririn Yang baik,

Gejala yang Ririn alami memang merupakan gejala-gejala gangguan kejiwaan yang mungkin mengarah kepada suatu gangguan yang disebut Gangguan Penyesuaian (maladjustment disorder). Biasanya, gejala ini berlangsung ketika ada kondisi yang jelas yang memicu terjadinya gangguan pada pikiran, perasaan dan perilaku.

Gejala-gejalanya memang mirip depresi seperti yang disebutkan oleh Ririn, namun biasanya setelah masalah pemicunya usai, orang tersebut bisa kembali seperti biasa. Jika hal tersebut terus berlanjut dengan kualitas gejala yang semakin meningkat maka bisa mengarah ke diagnosis depresi.

Saya rasa ada baiknya Ririn berkonsultasi ke psikiater. Kelilhatannya pikiran rasional Ririn sudah mulai tidak bekerja secara optimal yang menandakan daya adaptasi Ririn terhadap masalah ini kurang baik. Untuk itu, perlu adanya orang yang bisa membantu Ririn melewati masalah ini. Semoga jawaban ini membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.