Kompas.com - 16/01/2013, 11:41 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Berhati-hatilah untuk tidak meneguk kopi terlalu banyak. Kandungan kafein yang tinggi dalam dua cangkir kopi ditengarai akan menyebabkan seseorang bolak-balik ke toilet untuk pipis. Bukan cuma pada wanita, pada pria juga berlaku hal yang sama.

Karena itu, menurut dr Alayne Markland, peneliti senior dari Universitas Alabama, AS, orang yang sudah menderita inkontinensia urine atau ketidakmampuan menahan pipis sehingga urine keluar begitu saja di luar kendali.

Dalam penelitian yang dilakukan Markland dengan melibatkan 4.000 pria memang tidak membuktikan kafein menyebabkan mereka sering pipis. Namun, pria yang banyak minum kopi dalam penelitian itu cenderung memiliki masalah dengan menahan pipis dibanding yang minum sedikit.

Kafein bisa ditemukan dalam berbagai minuman, seperti teh, soft drink, dan makanan yang mengandung cokelat.

Secara umum, pria dalam survei itu minum kafein sekitar 169 miligram setiap hari. Jumlah itu sedikit lebih banyak dibanding yang biasa ditemukan dalam secangkir kopi, yakni 125 miligram.

Pria yang minum kafein sampai 392 miligram setiap hari risikonya sulit menahan pipis dua kali lebih besar. Jumlah cairan total yang dikonsumsi setiap hari ternyata tidak terkait dengan risiko menderita inkontinensia urine skala sedang.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X