Kompas.com - 21/01/2013, 10:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Jika Anda sudah rajin berolahraga demi mendapatkan bentuk tubuh tegap dan berotot, jangan lupakan kecukupan vitamin D. Studi terbaru menyebutkan vitamin ini merupakan kunci untuk mendapatkan otot kuat.

Tim peneliti melakukan penelitian terhadap 419 orang dewasa (usia 20-76 tahun). Setelah memperhitungkan berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, dan tekanan darah, para peneliti menyimpulkan bahwa responden yang memiliki kadar vitamin D cukup tinggi memiliki otot yang lebih kuat. Konsistensi yang paling nyata tampak pada kekuatan otot lengan.

Selama ini vitamin D memang lebih dikenal karena kemampuannya untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Namun menurut penelitian vitamin D juga penting dalam membentuk serat otot. Vitamin ini terutama bermanfaat untuk otot-otot di tubuh bagian atas.

Untuk mereka yang ingin mendapat otot kuat, disarankan untuk mendapatkan vitamin D 600 IU setiap hari, yang setara dengan 3 ons salmon masak atau 3 ons tuna kalengan. Sumber lainnya adalah telur, susu dan sereal yang diperkaya, serta tentu saja sinar ultraviolet.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.