Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2013, 10:55 WIB

Kompas.com - Jika Anda sudah rajin berolahraga demi mendapatkan bentuk tubuh tegap dan berotot, jangan lupakan kecukupan vitamin D. Studi terbaru menyebutkan vitamin ini merupakan kunci untuk mendapatkan otot kuat.

Tim peneliti melakukan penelitian terhadap 419 orang dewasa (usia 20-76 tahun). Setelah memperhitungkan berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, dan tekanan darah, para peneliti menyimpulkan bahwa responden yang memiliki kadar vitamin D cukup tinggi memiliki otot yang lebih kuat. Konsistensi yang paling nyata tampak pada kekuatan otot lengan.

Selama ini vitamin D memang lebih dikenal karena kemampuannya untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Namun menurut penelitian vitamin D juga penting dalam membentuk serat otot. Vitamin ini terutama bermanfaat untuk otot-otot di tubuh bagian atas.

Untuk mereka yang ingin mendapat otot kuat, disarankan untuk mendapatkan vitamin D 600 IU setiap hari, yang setara dengan 3 ons salmon masak atau 3 ons tuna kalengan. Sumber lainnya adalah telur, susu dan sereal yang diperkaya, serta tentu saja sinar ultraviolet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com