Kompas.com - 21/01/2013, 16:31 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok, sekarang saya berusia 45 tahun dan kata dokter kandungan saya sudah menjelang menopause. Saat ini saya haid kadang 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Haid pertama saya di usia 11 tahun (kelas 5 SD). Saya membaca artikel tentang menopause dan disebut jika sudah menopause akan mengalami gangguan ketika berhubungan seksual. Sebenarnya gangguannya seperti apa ya dok? Apakah ada obat untuk mencegah gangguan tersebut. Terima kasih
(Dion, Purwokerto).

JAWAB:

Ibu Dion Yth,
Umur 45 tahun memang termasuk masa premenopause. Menopause adalah suatu keadaan yang ditandai dengan berbagai gejala akibat dari menurunnya kadar estrogen. Gangguan haid adalah gejala awal dan bisa berlangsung 2-3 tahun.

Gangguan seksual memang bisa terjadi pada keadaan menopause ini. Untuk menghadapi nya yang penting adalah ibu mengerti dulu apa itu menopause. Upayakan olah raga teratur, gizi seimbang, cukup istirahat dan tidak stress. Tapi kalau tidak berhasil maka ada obat yang dikenal sebagai terapi sulih hormon. Semoga ibu tetap tenang dan nyaman memasuki masa premenopause.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.