Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2013, 08:55 WIB

TANYA : 

Dok saya ingin bertanya. Gusi di bagian bawah gigi depan saya kok suka terasa pegal-pegal gitu ya? Terus juga terasa linu. Gusinya juga berwarna kemerahan dan terkadang  menimbulkan rasa sakit pada gigi.  Apa sebenarnya yang saya alami ini ya dok, apa  penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya?

(Fikri, 19 tahun, Lampung)


JAWAB :

Halo fikri,

Berdasarkan seluruh keluhan anda, yaitu gusi gigi depan bawah terasa pegal, linu, kemerahan dan terkadang muncul rasa sakit pada gigi, maka ada beberapa kemungkinan penyakit dan penyebabnya yang sedang anda alami :

1.    Gusi anda sedang mengalami peradangan. Hal ini dapat disebabkan oleh teknik menyikat gigi yang kurang tepat. Sehingga menyebabkan dentin gigi anda terpapar, dan hal inilah yang menyebabkan gejala sakit pada gigi anda. Begitu pula dengan gusi anda yang lama-kelamaan akan timbul warna kemerahan akibat trauma mekanis dari sikat gigi.

2.    Anda mengalami trauma oklusi pada gigi depan bawah akibat gigi bawah anda berjejal, yaitu gigitan gigi anda terlalu berat sehingga beban kunyahnya lebih besar di bagian gigi depan bawah anda. Cirinya selain gusi mengalami kemerahan, juga mengalami gusi turun di gigi depan bawah tersebut. Terkadang perlekatan antara gusi dan giginya jadi hilang atau rusak.

Cara mengatasinya, pertama anda harus datang ke Dokter Gigi langganan anda, untuk mengecek beban kunyah anda apakah normal atau tidak. Jika tidak normal, maka Dokter Gigi akan melakukan perawatan untuk menghilangkan trauma oklusi anda. Setelah itu, Dokter Gigi akan melakukan perawatan pada gusi anda supaya tidak meradang lagi. Kemudian gigi anda juga akan dilakukan penambalan pada bagian leher gigi, supaya tidak terasa sakit lagi.

Setelah semua penyakit dilakukan perawatan, langkah selanjutnya adalah memperbaiki teknik menyikat gigi anda. Lakukan teknik menyikat gigi dengan gerakan memutar membuat lingkaran besar dan tanpa tekanan. Lakukan selama 10 detik untuk setiap sisi gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat lembut atau sedang.

Tanyakan kembali segala sesuatu yang kurang anda pahami ke Dokter Gigi langganan anda.

Demikian Fikri, semoga membantu.

Salam gigi sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com