Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media AS: Kata Beyonce, "Lipsync" Bukan Tabu

Kompas.com - 25/01/2013, 14:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Meski hingga saat ini Beyonce belum memberi pernyataan resmi, sejumlah sumber yang dikutip oleh media AS mengatakan bahwa penyanyi R&B itu merasa "kecewa" dengan reaksi seputar dugaan bahwa ia melakukan lipsync dalam pelantikan Presiden Barack Obama.

Majalah tentang kehidupan selebriti Us Weekly mengutip seorang sumber yang mengatakan, Beyonce mengutarakan bahwa lipsync bukanlah sesuatu yang tabu dan banyak penyanyi melakukannya, "Bahkan penyanyi opera seperti almarhum Luciano Pavarotti."

Sementara itu, seorang pejabat yang bertugas pada pelantikan Obama mengatakan kepada jaringan televisi kabel CNN bahwa Beyonce tidak menyanyikan lagu secara langsung, seperti dilaporkan oleh AFP. "Dia tidak menyanyi secara langsung," kata seorang pejabat acara pelantikan yang tidak mau namanya disebut.

Pejabat itu juga menyampaikan kepada CNN bahwa Beyonce sendiri yang memutuskan pada Minggu (20/1/2013) waktu setempat (Washington) untuk tidak menyanyi secara live karena dia datang terlambat sehingga tak memiliki waktu yang cukup untuk latihan bersama Korps Musik Marinir AS.

Selasa (22/1/2013) lalu, Korps Musik Marinir AS mengonfirmasi, selain band bermain secara langsung untuk mengiringi Beyonce, sebuah versi rekaman lagu kebangsaan juga diputar. Tetapi, keterangan itu menyebutkan bahwa bukan kewenangannya untuk mengatakan apakah dia bernyanyi secara langsung atau tidak.

Di Inggris, seorang veteran teknisi radio mengatakan, dia melihat video internet bahwa Beyonce memang bernyanyi, tetapi tak jelas apakah nyanyiannya itu diperdengarkan melalui pengeras suara.

"Tidak ada keraguan sama sekali di benak saya bahwa dia bernyanyi di panggung dan itu adalah suara yang ada di mikrofon itu langsung," kata Ian Shepherd kepada AFP melalui telepon. "Pertanyaannya adalah, apakah yang terdengar itu berasal dari mic? Apakah itu diperdengarkan kepada khalayak?"

Legenda musik soul Aretha Franklin dan penyanyi-penyanyi lainnya, yaitu Alicia Keys, Jennifer Lopez, dan LeAnn Rimes, membela Beyonce. Franklin mengatakan, masuk akal untuk melakukan lipsync dalam cuaca dingin.

"Dia menyanyi dengan baik melalui rekaman," kata Franklin (70), yang bernyanyi pada acara pelantikan Obama untuk kali pertama, empat tahun yang lalu, kepada ABC News. "Lain kali saya kemungkinan akan melakukan hal yang sama," tambahnya.

Beyonce terakhir kali tampil dalam acara makan malam di New Orleans (AS) pada Senin (21/1/2013) lalu waktu setempat, setelah menghadiri pelantikan bersama suaminya, penyanyi hip hop Jay-Z.

Beyonce jarang menggunakan Twitter, tetapi akunnya menampilkan banyak foto dari Senin dan juga keterangan sebuah video, "Beyonce menyanyi lagu kebangsaan... pada upacara pelantikan presiden 2013."

Shepherd, yang bekerja sama dengan Culture Club, Tricky, dan Berlin Philharmonic, menguji setidaknya tiga video online penampilan Beyonce. Dalam situsnya, mastering-media.co.uk, dia mengatakan, bisa dipahami pada hari yang dingin Beyonce dapat memilih melakukan rekaman untuk bernyanyi dengan iringan Korps Musik Marinir AS di tengah lapangan terbuka selama beberapa jam. "Penyanyi yang lain akan menemui kesulitan tampil secara prima untuk tampil bersama band," kata dia.

Beyonce, yang menyanyikan "The Star Spangled Banner" pada Super Bowl tahun lalu, juga membuat rekaman dokumenter mengenai hidupnya yang disiarkan melalui saluran televisi HBO pada 16 Februari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com