Hujan Belum Puncak, Kasus Naik

Kompas.com - 30/01/2013, 03:32 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Kasus demam berdarah meningkat di sejumlah daerah. Di Lamongan dan Gresik, Jawa Timur, awal tahun ini, kasusnya meningkat dibanding periode yang sama tahun 2012. Di Cilacap, Jawa Tengah, selama Januari ini saja 32 warga terjangkit dan 1 di antaranya meninggal.

Di Lamongan, pada periode 1-29 Januari 2013 tercatat 58 orang positif demam berdarah dengue (DBD), sementara selama Januari 2012 tercatat 41 orang. Di Gresik, periode 1-21 Januari 2013 tercatat 43 kasus, sedangkan Januari 2012 ada 25 kasus.

”Masyarakat perlu waspada. Penularan penyakit ini masih akan terjadi, terutama selama musim hujan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Cilacap Teguh Prastowo, Senin (28/1).

Data Dinas Kesehatan Cilacap, tren kasus DBD dari tahun ke tahun meningkat. Tahun 2011, sebanyak 147 warga terserang DBD. Tahun 2012, kasusnya meningkat drastis menjadi 215 warga. Dari jumlah tersebut, 2 orang meninggal.

Sementara di Gresik, penderita DBD tahun 2011 tercatat 365 kasus, 2 di antaranya meninggal. Tahun 2012, tercatat 357 kasus, 5 di antaranya meninggal.

Jaga kebersihan

Pada musim penghujan ini, masyarakat diimbau mewaspadai penyebaran DBD. Di antaranya, menjaga kebersihan lingkungan, terutama membersihkan sekitar rumah dari air genangan.

”Membersihkan bak mandi secara berkala dan menyingkirkan benda-benda yang jadi sarang nyamuk juga sangat penting,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gresik Sugeng Widodo.

Pengasapan yang umum dilakukan selama ini sebenarnya merupakan upaya reaktif karena hanya membunuh nyamuk dewasa. Padahal, yang dibutuhkan adalah pencegahan.

”Pola hidup sehat dan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) di lingkungan masing-masing paling efektif mengantisipasi penularan DBD lewat telur. Pengasapan bisa dikatakan terlambat,” kata Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Wabah dan Bencana Dinkes Cilacap Kuswantoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.