Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2013, 11:41 WIB

Kompas.com - Pekerjaan rumah tangga seperti memasak atau membereskan rumah kini bukan hal tabu untuk dilakukan para pria. Namun pria yang lebih banyak mengerjakan pekerjaan rumah itu ternyata lebih jarang berhubungan seks dengan istrinya.

Sebuah studi terbaru yang dimuat dalam jurnal American Sociological Review menyebutkan, pria yang banyak melakukan pekerjaan "feminin" seperti berbelanja, memasak, atau mencuci, gairah seksnya lebih rendah dibanding pria yang melakukan tugas-tugas "maskulin".

"Para istri cenderung lebih puas dengan pernikahannya jika suaminya mau membantu, tapi hal itu tidak tampak dalam seks," kata Julie Brines, dari departemen sosiologi di University of Washington, Seattle, AS.

Dengan kata lain, para istri tidak lagi menganggap suami mereka seksi. Ini karena para suami lebih dianggap sebagai bala bantuan untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tangga ketimbang objek hasrat seksualnya.

Penelitian itu dilakukan terhadap 4.500 pasangan menikah yang berpartisipasi dalam survei keluarga dan rumah tangga. Pengumpulan data dilakukan antara tahun 1992 dan 1994. Survei ini juga mencatat frekuensi hubungan seks yang dilakukan pasutri.

Rata-rata pasutri tersebut berhubungan seks lima kali dalam sebulan. Pada pasangan yang seluruh pekerjaan rumah tangga dilakukan istrinya, frekuensi hubungan seksnya 1,6 kali lebih sering dalam sebulan dibanding dengan suami yang banyak membantu istrinya.

Meski data tersebut sudah cukup lama, tetapi menurut Brines tetap terlihat ada korelasinya dengan situasi saat ini karena menurutnya tanggung jawab akan pekerjaan rumah sampai saat ini masih dipegang pihak istri.

Bagi pasangan yang keduanya bekerja di luar rumah, tugas-tugas tambahan di rumah memang bisa menyebabkan kelelahan sehingga mengurangi frekuensi seks.

Dalam studi yang dilakukan Sabino Kornrich diketahui, pasangan yang terlalu lelah untuk melakukan pekerjaan rumah biasanya juga jarang bercinta. "Jika mereka punya banyak energi untuk melakukan pekerjaan rumah, mereka juga akan berenergi untuk berhubungan seks," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com