Kompas.com - 01/02/2013, 15:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Dalam proses diet tak ada salahnya menginginkan camilan. Untuk memenuhi hasrat tersebut, batasi diri hanya dengan mengambil camilan porsi kecil. Menurut studi terbaru, ngemil dalam porsi kecil ternyata mendatangkan kepuasan yang sama jika kita mengasup camilan dalam porsi lebih besar.

Demikian menurut kesimpulan studi baru yang dimuat dalam jurnal Food, Quality and Preference. Studi ini melibatkan lebih dari 100 orang dewasa yang diberi camilan yang sama dengan porsi yang berbeda, yaitu porsi kecil dan besar. Mereka yang makan dengan porsi besar mendapatkan kalori 77 persen lebih banyak daripada mereka yang makan dengan porsi kecil.

Meksipun jumlah camilan yang masuk ke dalam tubuh kedua kelompok berbeda, namun keduanya melaporkan keinginan kuat untuk ngemil mereka terpuaskan 15 menit setelah makan.

"Penelitian ini mendukung gagasan bahwa makan dengan tujuan kesenangan lebih didorong oleh ketersediaan makanan dan bukan pada jumlah makanan yang sudah dimakan," ujar penulis studi Brian Wansink, yang juga profesor ekonomi di Cornell University di Ithaca, New York dalam sebuah rilis berita universitas.

Temuan ini pun dapat membantu orang yang mencoba untuk menurunkan atau menjaga berat badannya.

"Jika Anda ingin mengontrol berat badan Anda, inilah rahasianya: cukup gigit sedikit camilan Anda, tunggu selama 15 menit. Ingatlah bahwa Anda sudah memakan camilan lezat," tutur Wansink.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.