Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2013, 15:10 WIB

Kompas.com - Dalam proses diet tak ada salahnya menginginkan camilan. Untuk memenuhi hasrat tersebut, batasi diri hanya dengan mengambil camilan porsi kecil. Menurut studi terbaru, ngemil dalam porsi kecil ternyata mendatangkan kepuasan yang sama jika kita mengasup camilan dalam porsi lebih besar.

Demikian menurut kesimpulan studi baru yang dimuat dalam jurnal Food, Quality and Preference. Studi ini melibatkan lebih dari 100 orang dewasa yang diberi camilan yang sama dengan porsi yang berbeda, yaitu porsi kecil dan besar. Mereka yang makan dengan porsi besar mendapatkan kalori 77 persen lebih banyak daripada mereka yang makan dengan porsi kecil.

Meksipun jumlah camilan yang masuk ke dalam tubuh kedua kelompok berbeda, namun keduanya melaporkan keinginan kuat untuk ngemil mereka terpuaskan 15 menit setelah makan.

"Penelitian ini mendukung gagasan bahwa makan dengan tujuan kesenangan lebih didorong oleh ketersediaan makanan dan bukan pada jumlah makanan yang sudah dimakan," ujar penulis studi Brian Wansink, yang juga profesor ekonomi di Cornell University di Ithaca, New York dalam sebuah rilis berita universitas.

Temuan ini pun dapat membantu orang yang mencoba untuk menurunkan atau menjaga berat badannya.

"Jika Anda ingin mengontrol berat badan Anda, inilah rahasianya: cukup gigit sedikit camilan Anda, tunggu selama 15 menit. Ingatlah bahwa Anda sudah memakan camilan lezat," tutur Wansink.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com