Kompas.com - 05/02/2013, 09:17 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof  Yth, belum lama ini saya mencoba memperhatikan sperma saya, karena sebelumnya saya merasa setiap kali ejakulasi terasa berat dan tidak lancar. Ternyata, apa yang saya lihat sangat mengejutkan. Sperma yang keluar bentuknya seperti agar-agar, menggumpal gumpal dan sebagian cair. Artinya tidak kental seperti sebelumnya. Ada apa ini dok, apakah ada yang salah dengan produksi sperma saya? Ataukah ini tanda  saya tidak subur? Terimakasih sebelumnya.

(Adi, 29, Medan)

JAWAB :

Sperma yang normal ketika dikeluarkan memang dalam bentuk kental, seperti menggumpal, tidak langsung cair.

Kemudian barulah mencair, paling lama dalam kurun waktu 1 jam.

Kalau terjadi gangguan, sperma tidak mencair setelah 1 jam. Apakah Anda mengalami ini atau tidak, tentu Anda dapat menduga.

Kalau Anda ragu, sebaiknya periksakan sperma Anda untuk kemudian dianalisis di laboratorium yang biasa melakukan pemeriksaan sperma.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.