Kompas.com - 06/02/2013, 13:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ibu hamil yang tinggal di area dengan tingkat polusi udara buruk beresiko memiliki bayi dengan berat rendah (BBLR). Bayi dengan berat rendah lebih rentan terhadap penyakit.

Kebanyakan bayi yang lahir dengan berat rendah juga beresiko tinggi menderita penyakit kronik di usia dewasa, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Penelitian mengenai kaitan antara polusi dengan BBLR ini dilakukan dengan melihat data 3 juta kelahiran di 9 negara. Riset ini lebih difokuskan pada partikel halus di udara yang bisa masuk ke saluran pernapasan manusia.

Hasil riset itu mengindikasikan, makin tinggi paparan polusi udara, makin rendah berat badan bayi. "Yang cukup signifikan adalah polusi udara tersebut hampir dialami orang di berbagai negara," kata Prof.Tracey Woodruff yang melakukan riset ini.

Meski demikian para ahli berpendapat hasil penelitian ini tidak perlu terlalu ditakutkan para ibu hamil karena dampaknya masih termasuk kecil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.