Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2013, 09:48 WIB

TANYA:
 
Dokter saya mau tanya, apakah anak dengan penyakit kelainan jantung tipe PDA harus dilakukan operasi ? Apakah ada pengobatan alternatif lain yang dapat dilakukan. Karena anak saya umur 1 bulan divonis dokter terkena kelainan jantung dikarenakan duktus masih terbuka dan berat badan anak saya susah berkembang. tolong dokter jawabannya. Terima kasih.

(Ali, Medan).

JAWAB :

Persistent/Patent Ductus Arteriosus (PDA) adalah kelainan bawaan lahir dimana terjadi tetap terbukanya (patent) pembuluh darah ductus arteriosus yang seharusnya segera menutup beberapa hari setelah lahir. Ductus arteriosus sendiri adalah pembuluh darah kecil yang menghubungkan antara arteri besar yang mengalirkan darah ke paru (arteri pulmonalis) dan arteri besar (aorta).

Diagnosisnya dapat ditegakkan melalui pemeriksaan ekokardiografi. Gejala klinisnya dapat berupa sesak napas, suara bising jantung yang terdengar dari pemeriksaan dengan stetoskop, bayi sulit mencapai kenaikan berat badan yang optimal karena minumnya yang tidak adekuat, jantung yang membesar, dan sebagainya.

PDA yang dilakukan operasi adalah jenis PDA yang yang besar atau sudah menyebabkan gejala yang berat. Pada sebagian kasus, PDA ini akan menutup sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com