Kompas.com - 08/02/2013, 09:48 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dokter saya mau tanya, apakah anak dengan penyakit kelainan jantung tipe PDA harus dilakukan operasi ? Apakah ada pengobatan alternatif lain yang dapat dilakukan. Karena anak saya umur 1 bulan divonis dokter terkena kelainan jantung dikarenakan duktus masih terbuka dan berat badan anak saya susah berkembang. tolong dokter jawabannya. Terima kasih.

(Ali, Medan).

JAWAB :

Persistent/Patent Ductus Arteriosus (PDA) adalah kelainan bawaan lahir dimana terjadi tetap terbukanya (patent) pembuluh darah ductus arteriosus yang seharusnya segera menutup beberapa hari setelah lahir. Ductus arteriosus sendiri adalah pembuluh darah kecil yang menghubungkan antara arteri besar yang mengalirkan darah ke paru (arteri pulmonalis) dan arteri besar (aorta).

Diagnosisnya dapat ditegakkan melalui pemeriksaan ekokardiografi. Gejala klinisnya dapat berupa sesak napas, suara bising jantung yang terdengar dari pemeriksaan dengan stetoskop, bayi sulit mencapai kenaikan berat badan yang optimal karena minumnya yang tidak adekuat, jantung yang membesar, dan sebagainya.

PDA yang dilakukan operasi adalah jenis PDA yang yang besar atau sudah menyebabkan gejala yang berat. Pada sebagian kasus, PDA ini akan menutup sendiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.