Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2013, 10:38 WIB

TANYA :

Halo  Dokter Citra. Anak saya berusia 7 tahun, secara bergantian gigi susu bagian depan atas dan bawah mulai lepas. Dengan lepasnya gigi-gigi tersebut, dia jadi malu untuk membuka mulut bila bertemu dengan orang lain. Dok minta tolong sarannya untuk dapat segera menumbuhkan gigi tetapnya, apakah perlu mengkonsumsi makanan tertentu atau vitamin tertentu? Terimakasih.

(Ersiana, 33, Surabaya)


JAWAB :

Ibu Ersiana yang baik,

Pada usia 7 tahun, anak memang akan mengalami pergantian gigi seri susu menjadi gigi seri tetap. Sebagai informasi, berikut saya paparkan rentang waktu rata-rata tumbuhnya gigi tetap,

Gigi Tetap

Seri pertama

Seri kedua

Taring

Geraham kecil pertama

Geraham kecil kedua

Geraham besar pertama

Geraham besar Kedua

Geraham besar Ketiga

Rahang Atas

7-8 tahun

8-9 tahun

11-12 tahun

10-11 tahun

10-12 tahun

6-7 tahun

12-13 tahun

17-21 tahun

Rahang Bawah

6-7 tahun

7-8 tahun

9-10 tahun

10-12 tahun

11-12 tahun

6-7 tahun

11-13 tahun

17-20 tahun

 

 


Saat ini, sebaiknya anak anda dilakukan foto panoramik terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan benih gigi tetapnya. Kemudian bawa hasil foto panoramik anak anda tersebut ke Dokter Gigi langganan anda, begitu pula anak anda dapat dilakukan pemeriksaan langsung oleh Dokter Gigi.

Saya rasa, tidak lama lagi gigi anak anda akan segera muncul keluar, karena memang sudah masuk dalam rentang waktu bagi gigi serinya untuk muncul keluar gusi. Berikan pengertian kepada anak anda, bahwa seluruh teman sebayanya juga mengalami hal yang sama. Sehingga, anak anda tidak perlu malu.

Sedangkan untuk makanan atau vitamin yang dapat merangsang pertumbuhan gigi tetapnya, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Begitu pula kebutuhan nutrisi lainnya juga harus seimbang. Sebab, jika kondisi kesehatan anak anda baik dan secara keseluruhan tidak ada masalah, maka pertumbuhan gigi-gigi tetapnya pun akan normal.

Demikian Ibu Ersiana, semoga informasinya membantu.

Salam gigi sehat.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com