Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengantisipasi Avian Influenza 70 ribu Unggas Divaksin

Kompas.com - 11/02/2013, 00:14 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Mengantisipasi virus flu burung (Avian influenza ) sebanyak 70 ribu unggas di Kabupaten Sleman dalam waktu dekat akan diberi vasin secara gratis.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Sleman, Sugeng Hendro Laksono mengatakan, saat ini sedang melakukan koordinasi dengan peternak dan aparat desa mengenai langkah-langkah dalam pemberian vaksin.

"Vaksin ini sementara di berikan pada ayam, sedang untuk jenis unggas lainya masih belum diprogramkan," Terangnya, Minggu (10/2/2013).

Ia menjelaskan ayam yang diberikan vaksin hanya untuk ayam kampung yang dipelihara oleh masyarakat. Sedangkan untuk ayam potong dan ayam petelur yang dipelihara oleh para peternak sudah dilakukan vaksinasi oleh para peternak sendiri secara periodik.

Selain pemberian vaksin, kebersihan kandang juga menjadi salah satu syarat kesehatan ayam . Apalagi di musim hujan peternak harus lebih memperhatikan kebersihannya.

Sugeng Slamet Riyadi Martoyo, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, menegaskan jumlah ternak ayam maupun itik yang mati akibat flu burung cenderung terus menurun drastis. Namun demikian pihaknya akan terus meminimalisir jumlah kematian dengan cara vaksin.

"Pada 2005 lalu,  sekitar 350 ribu ayam dan itik mati. Namun, pada 2011 menurun menjadi kurang dari 2000 unggas. Sedangkan pada 2012 lalu tercatat 1.361," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com