Kompas.com - 13/02/2013, 18:44 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Berolahraga di ruang terbuka hijau ternyata lebih memberikan manfaat psikologis dibanding berolahraga di pusat kebugaran. Olahraga di lingkungan yang hijau akan meningkatkan mood, kepercayaan diri, dan motivasi.

Meski begitu manfaat positif dari olahraga luar ruang itu hanya tampak jika olahraga dilakukan di lingkungan yang hijau saja. Demikian menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Environmental Science and Technology.

Penelitian dilakukan terhadap 14 mahasiswa yang diminta naik sepeda statis sambil menonton video berisi rekaman pemandangan alam. Kemudian para peneliti mengganti filter pada layar video dari hijau menjadi hitam putih selama 5 menit, kemudian diganti ke warna merah. Para peneliti menilai mood para partisipan ketika dilakukan pergantian warna filter.

Ternyata para partisipan mengaku merasa gangguan mood mereka berkurang dan tidak begitu lelah saat diberikan tayangan bernuansa hijau dibanding warna hitam putih atau merah. Saat menyaksikan filter berwarna merah mereka mengaku merasa sedikit marah.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang mirip. Berolahraga di luar ruangan akan memberikan rasa nyaman dan mood yang lebih baik.

Warna hijau dan biru diketahui memberikan efek ketenangan, sementara merah dan kuning lebih merangsang. Para peneliti menyebut nenek moyang manusia mengaitkan warna hijau dengan sumber makanan dan air. Kaitan positif dengan warna hijau itu mungkin masih tersimpan dalam otak manusia yang telah berevolusi.

Beberapa penelitian memang menyebut adanya pengaruh lingkungan terhadap efek positif olahraga. Saat kita berolahraga, teman berlatih, bahkan orang di sekitar kita akan berpengaruh pada mood dan motivasi.

Karena itu, jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk merasa lebih rileks atau meningkatkan level energi, mungkin ada baiknya Anda mencari lingkungan hijau untuk berolahraga.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.