Kompas.com - 14/02/2013, 11:25 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Asam folat selama ini selalu direkomendasikan untuk ibu hamil, terutama untuk mencegah kelainan pada bayi seperti spina bifida (celah pada tulang belakang). Namun menurut studi terbaru, pemberian asam folat sebenarnya juga dapat mencegah autisme. Terutama jika diberikan sebelum kehamilan.

Studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) itu menjadi kabar baik bagi para ibu hamil. Terutama karena ibu hamil di zaman modern ini semakin khawatir dengan kondisi kehamilannya.

"Banyak wanita punya kecemasan dan stres selama kehamilan. Mereka khawatir dengan apa yang mereka makan, konsumsi atau kontak dengan lingkungan berpengaruh pada janinnya," kata Dr.Jennifer Ashton, kontributor medis senior dari ABC News.

Penelitian yang dimuat dalam JAMA itu menggunakan data Norwegian Mother and Child Cohort Study. Disebutkan, para ibu yang mengonsumsi asam folat 4 minggu dan 8 minggu sebelum kehamilan memiliki risiko 40 persen lebih rendah melahirkan anak penyandang autisme.

Meski masih diteliti kaitan antara autisme dengan asam folat, tetapi tidak disebutkan bahwa konsumsi asam folat selama kehamilan akan menurunkan risiko autisme.

"Kita tahu bahwa kekurangan asam folat akan menyebabkan gangguan perkembangan sistem saraf. Karena itu tak mengherankan hal itu juga berpengaruh pada perkembangan otak," kata Dr.Ari Brown, dokter anak di Texas yang tidak terlibat dalam riset itu.

The Norwegian Mother and Child Cohort Study mengikuti lebih dari 85.000 bayi yang lahir antara 2002 dan 2008 dan orangtua mereka. Sekitar 270 bayi yang lahir dalam periode studi menderita gangguan perkembangan spektrum autisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.