Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan 3 Hari, 3 Kecamatan di Aceh Barat Kebanjiran

Kompas.com - 16/02/2013, 02:54 WIB

Aceh Barat, Kompas - Akibat hujan deras yang mengguyur selama tiga hari terakhir dan membuat sungai-sungai meluap, tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Jumat (15/2), dilanda banjir. Tiga kecamatan tersebut adalah Woyla Timur, Woyla Barat, dan Johan Pahlawan.

Dari tiga kecamatan itu, wilayah Kecamatan Woyla Timur yang paling parah mengalami banjir yang terjadi sejak Kamis sore. Di kecamatan itu ada 13 desa yang terendam air hingga ketinggian hampir 1 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Novrizal mengatakan, desa-desa yang terendam banjir di Woyla Timur di antaranya Desa Gunong Panyang, Seunabok Dalam, Blang Luah, Alue Seuralin, dan Blang Makmur. ”Di desa-desa tersebut, banjir terjadi sejak Kamis sore. Kamis malam hujan masih turun sehingga air masih menggenang,” katanya.

Menurut Novrizal, tim dari BPBD Aceh Barat sudah dikerahkan untuk memantau banjir di Woyla Timur. Meski tak ada korban jiwa, jalan dan ribuan rumah warga tergenang.

Sementara itu, empat desa di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tak hanya kebanjiran, tetapi juga terlanda longsor. Banjir yang terjadi sejak Rabu lalu merendam rumah. Sementara longsor menyebabkan 6 rumah rusak parah, 35 rumah rusak sedang, dan 226 rumah lain rusak ringan. Selain itu, 14 jembatan juga mengalami kerusakan.

Di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur, akibat hujan deras seharian, Kamis lalu, tembok pagar SMP Negeri 1 Desa Ngajum roboh. Tak ada korban jiwa atau terluka kecuali kerusakan tembok sekolah tersebut. (HAN/HEI/ODY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com