Kompas.com - 16/02/2013, 12:51 WIB
EditorKistyarini

Kompas.com - Suara bising dari lingkungan sekitar bukan hanya mengganggu tapi juga berdampak negatif bagi kesehatan, bahkan kecantikan.

Suara bising bisa didapatkan dari berbagai sumber, mulai dari tetangga yang menyetel musik keras hingga suara aktivitas pembangunan bangungan.

Laporan dari organisasi kesehatan dunia (WHO) dan the European Commision's Joint Research Center menunjukkan, paparan polusi udara yang tetap bisa menyebabkan sakit kepala, mual, tekanan darah tinggi, kecemasan, depresi, sampai serangan jantung.

Risiko penyakit tersebut tidak main-main. Bahkan insiden serangan jantung meningkat sampai 30 persen pada orang yang berkerja di lingkungan bising. Risiko itu melonjak sampai 300 persen pada wanita jika lingkungan rumah mereka bising.

"Sebaiknya hindari tinggal di dekat jalan raya atau bandara. Jika terpaksa, investasikan untuk membeli kaca kedap suara. Itu sangat membantu," kata Ashley Merryman, penulis buku NurtureShock: New Thinking About Children.

Berikut adalah beberapa gangguan yang terjadi akibat suara bising:

- Susah tidur
Kebanyakan orang baru bisa benar-benar terlelap dalam suasana yang tenang. Lingkungan yang bising akan menganggu siklus tidur yang normal sehingga waktu istirahat dan perbaikan sel-sel menjadi tidak optimal.

- Stres
Bila meja kerja Anda berdekatan dengan rekan kerja yang gemar berteriak atau bersuara keras tak heran jika Anda sering mengalami stres.

- Mudah marah
Suara bising jelas sangat mengganggu sehingga kita jadi lebih emosional.

- Makan lebih cepat
Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan, paparan pada suara yang bising bisa membuat tikus-tikus itu makan lebih cepat. Gangguan pada saat kita makan juga diketahui memicu konsumsi lebih tinggi sehingga tanpa disadari kita selalu makan secara berlebihan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.