Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bayi di Manado Selamat dari Jebakan Banjir

Kompas.com - 17/02/2013, 15:56 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Dua bayi masing-masing bernama Asraf (2,5 bulan) dan Mosar (4 bulan) dievakuasi Tim SAR Manado yang berkerjasama dengan anggota TNI Batalyon 712, Minggu (17/2/2013). Kedua bayi bersama orang tuanya dan beberapa anak-anak tersebut terjebak di rumah mereka di Komo, Kecamatan Singkil, Manado.

Tim SAR yang menggunakan perahu karet harus berjuang melawan kuatnya arus banjir dan melewati gang-gang sempit di antara rumah warga yang sudah terendam banjir setinggi 2 meter. Luapan Kali Jengki membuat ribuan rumah di bentaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano di beberapa kelurahan di Kecamatan Singkil terendam banjir.

Daerah Komo dan Ketang Baru, termasuk daerah yang terparah dilanda banjir. Ratusan warga hingga saat ini masih terjebak di rumah-rumah mereka. Sementara ribuan lainnya sudah berada di lokasi pengungsian.

"Syukur sudah bisa dievakuasi, kami dari subuh tidak bisa kemana-mana, air semakin meninggi dan kami semakin takut," ujar ibu bayi Asraf kempada Kompas.com yang ikut Tim Evakuasi di perahu karet.

Tingginya air membuat warga yang dievakuasi harus melalui atap rumah dengan hati-hati. Anggota Tim SAR dan anggota TNI berusaha memberikan bantuan dengan maksimal.

Sementara itu, tenda-tenda pengungsian dan bantuan makanan serta obat-obatan mulai didistribusikan oleh Dinas Sosial serta instansi terkait lainnya. Hujan yang turun sejak Sabtu hingga Minggu ini membuat beberapa daerah di Kota Manado terendam banjir dan ditimpa tanah longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com