Kompas.com - 17/02/2013, 21:04 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas akibat banjir dan longsor di Kota Manado, Sulawesi Utara, Minggu (17/2/2013) bertambah menjadi 14 orang. Sebanyak 13 orang meninggal akibat longsor dan 1 orang hanyut karena banjir. Sementara, jumlah pengungsi tercatat sebanyak 1.500 orang.

Demikian informasi yang diterima Kompas.com dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (17/2/2013). Korban meninggal ditemukan di Kelurahan Tingkulu sebanyak empat  orang, Kel Ranomut dua orang, Perum Citra Land enam orang, dan Kelurahan Paal IV dua orang.
 
"Proses evakuasi masih terus dilakukan oleh Tim Gabungan. Beberapa korban sudah berhasil diidentifikasi, sedangkan yang lain masih dalam proses identifikasi oleh TIM DVI Kepolisian," kata Sutopo.

Sementara itu, longsor juga terjadi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Minggu. Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro korban meninggal tiga orang. Saat ini masih dilakukan pengecekan namun terkendala jalan putus akibat longsor di Sitaro.
 
"Penanganan darurat terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Tagana, Basarnas, PMI, Rapi, SKPD, relawan dan masyarakat. Kodim 1309/Manado, Yonif 712/Wt, Kikavserdam melaksanakan evakuasi di lokasi bencana dan melakukan penyelamatan korban, penyelamatan harta benda dan evakuasi ke tempat pengungsian. Bantuan terus disalurkan bagi masyarakat," jelas Sutopo.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.