Kursus Masak Memicu Pola Makan Sehat

Kompas.com - 18/02/2013, 10:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Mengikuti kegiatan kursus memasak, meski singkat, ternyata bisa berdampak jangka panjang pada pola makan yang sehat.

Hal tersebut antara lain dibuktikan di Skotlandia. Para orangtua yang mengikuti kelas memasak menunjukkan mereka jadi makan lebih banyak sayur dan buah serta mengurangi daging sampai setahun pasca kursus tersebut.

Para peserta kursus juga menyatakan lebih percaya diri dalam mengikuti resep. Kursus memasak tersebut berlangsung 4-8 minggu untuk orangtua yang memiliki anak usia prasekolah.

Berdasarkan jawaban kuesioner yang diisi para peserta, terungkap mereka menjadi lebih percaya diri dalam memasak atau mencoba makanan baru.

Yang lebih menarik adalah efek jangka panjangnya. Setahun kemudian, 44 dari 100 peserta setuju untuk diwawancara kembali. Mayoritas mengatakan mereka kini lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah.

Ketua peneliti, Dr.Ada Garcia mengatakan, meski sampel penelitian kecil namun ini bisa menjadi indikasi positif. "Intervensi positif seperti kursus memasak dengan pola makan sehat ternyata bisa berdampak jangka panjang," katanya.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X