Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Ingatkan Kelanjutan Dialog Nuklir Iran

Kompas.com - 22/02/2013, 17:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Hong Lei, China meminta semua pihak menaruh perhatian soal kelanjutan dialog program nuklir Iran. Perhelatan itu rencananya berlangsung di Kazakstan, tulis Xinhua pada Jumat (22/2/2013).

Sebelumnya, China, kata Hong Lei, menyambut baik keinginan negara-negara P5+1 (AS, Inggris, Perancis, Rusia, China, dan Jerman) dan Iran kembali ke meja perundingan. "Pembicaraan tertunda delapan bulan,"kata Hong Lei mengingatkan.

Menurut agenda sebelumnya, dialog itu akan berlangsung pada Selasa (26/2/2013) di Alma-Ata. Kelanjutan dialog itu, imbuh Hong Lei mendapat banyak perhatian dunia internasional. "Kami tetap berpegang pada dialog sebagai jalan satu-satunya untuk membuka isu soal program nuklir Iran dengan solusi damai,"kata Hong Lei.

Hong Lei menambahkan China sudah melakukan banyak upaya dan memainkan peran positif bagi keberlangsungan kembali dialog tersebut. "China akan tetap memainkan peran itu,"tutur Hong Lei.

Dialog terakhir kedua belah pihak terjadi pada Juni 2012. Kala itu, tuan rumah dialog adalah Rusia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com