Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2013, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Apakah setelah berhubungan seks Anda kerap kali "ditinggal" tidur pasangan? Jika ya, jangan lantas merasa kecewa dan berpikir bahwa ia tidak puas dengan aksi yang baru selesai dilakukan. Tertidur setelah berhubungan seks merupakan hal yang normal, mengingat rasa lelah yang timbul berhubungan seks merupakan reaksi alami dari tubuh.

Berikut beberapa fakta tentang tidur setelah berhubungan seks:

1. Seks yang dilakukan di malam hari dimana tubuh biasanya sudah capek setelah beraktivitas seharian, merupakan alasan utama mengapa setelah berhubungan seks, orang dapat langsung tertidur.

2. Banyak orang yang menahan napasnya beberapa waktu ketika sedang melakukan hubungan seks. Denyut jantung pun akan semakin cepat karena tubuh kekurangan oksigen. Hal ini membuat tubuh semakin lelah dan lebih membutuhkan istirahat.

3. Tidur setelah berhubungan seks seharusnya malah menjadi indikasi positif bahwa hubungan seks Anda berjalan dengan baik hingga mencapai orgasme. Dalam kasus yang yang jarang terjadi, pria yang kekelahan setelah berhubungan seks mungkin menderita masalah kesehatan. Untuk kasus ini, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikannya.

4. Khusus pria, selama orgasme mereka mengalami ejakulasi, yang berarti adanya pelepasan hormon yang memicu kelelahan. Maka tidur merupakan cara utama untuk melepaskan rasa lelah tersebut.

Namun jika tertidur saat tidur masih mengganggu, mungkin Anda bisa melakukan upaya pencegahan rasa kantuk dan lelah. Misalnya dengan minum kopi sebelum bercinta. Meski ini bukan solusi jangka panjang, tetapi cukup membantu melawan rasa lelah. Makan buah dingin juga akan memberikan rasa segar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com