Kompas.com - 06/03/2013, 19:56 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Keputihan tak hanya disebabkan karena kurangnya kebersihan organ intim. Dr Uqudiah Kafanila Prisatianti dari Derma Prescriptive Klinik mengungkapkan bahwa hal-hal yang dilakukan pasangan saat bercinta juga berpotensi menimbulkan keputihan. 

Salah satu penyebab keputihan akibat aktivitas seks adalah alergi kondom yang digunakan si dia. Saat bercinta mungkin Anda belum merasakan adanya masalah, namun keputihan akibat alergi kondom ini akan terjadi beberapa hari setelah bercinta. Biasanya gejalanya diawali dengan rasa gatal yang luar biasa pada vagina, iritasi, dan berwarna kemerahan.

"Alerginya sebenarnya disebabkan karena bahan pembuat kondomnya, yaitu lateks. Tidak semua perempuan tahan dengan lateks," ungkap dr Uqudiah kepada Kompas Female, saat peluncuran produk perawatan organ intim di Jakarta, beberapa waktu lalu. .

Ketidaktahanan akan bahan lateks akan membuat vagina mengeluarkan cairan putih ini. "Hanya saja keputihan ini tidak patogenik karena bukan disebabkan karena jamur. Dan biasanya keputihan jenis ini hanya berlangsung dalam jangka waktu singkat," jelasnya.

Ia menambahkan, tidak semua perempuan menyadari bahwa dirinya mungkin saja mengalami alergi kondom lateks. Sekalipun tidak berbahaya, namun ada baiknya Anda lebih memahami kemungkinan reaksi alergi akibat penggunaan kondom ini.

"Jika Anda pernah mengalami keputihan setelah penggunaan kondom saat bercinta, maka cobalah menyarankan pasangan Anda untuk tidak menggunakan kondom dari bahan lateks, atau tidak menggunakan kondom sama sekali," sarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.