Kompas.com - 13/03/2013, 14:26 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Bekerja dalam jam kerja yang panjang dan di bawah tekanan yang berat akan menyebabkan Anda merasakan sindrom kelelahan atau frustasi yang disebut dengan burnout. Mereka yang menderita gejala tersebut menjadi lebih mudah tersinggung dan nyeri di sana-sini. Penelitian bahkan menyebut orang yang menderita burnout beresiko besar terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian sebelumnya telah menghubungkan kelelahan mental dan fisik dalam bekerja atau burnout dengan obesitas, insomnia, dan kecemasan, yang mengakibatkan kondisi tubuh bertambah buruk.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berada di 20 persen teratas dari skala kelelahan memiliki 79 persen peningkatan risiko penyakit jantung koroner (PJK). Hal tersebut menjadikan efek dari burnout ternyata ekstrim daripada yang terpikir sebelumnya. Burnout juga diklaim sebagai indiktaro yang lebih baik ketimbang rokok, kadar kolesterol atau aktivitas fisik, dalam kaitannya dengan PJK.

Studi yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine ini melibatkan 8.838 orang berusia 19 hingga 67 tahun. Mereka diperiksa kesehatannya dan diawasi selama 3,4 tahun. Tingkat kelelahan dalam bekerja dan PJK diukur setiap kali ada pemeriksaan kesehatan dalam periode penelitian.

Selama periode tersebut ditemukan 93 kasus PJK baru dan burnout dihubungkan dengan peningkatan risiko PJK sebanyak 40 persen. Yang lebih mengejutkan adalah ada seperlima orang yang menderita burnout mengalami hampir 80 persen peningkatan PJK.

Kendati demikian, para peneliti tidak menyatakan bahwa dengan menurunkan kadar burnout akan juga menurunkan risiko PJK, namun mereka menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara keduanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.