Kompas.com - 14/03/2013, 09:32 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, Istri saya sudah pernah melakukan operasi caesar, jika hendak melahirkan lagi apa boleh melakukan caesar lagi? Jika boleh, berapa kali maksimal kelahiran menggunakan metode caesar tersebut. Terimakasih.
(Verry, Tangerang)
 
JAWAB:

Verry Yth,
Operasi caesar adalah salah satu cara untuk melahirkan bayi. Pasca caesar boleh untuk saja caesar lagi. Pada umumnya pertanyaannya apakah boleh lahir normal? Kalau untuk melahirkan lewat oeprasi caesar lagi, boleh kapan saja.

Setelah melakukan caesar dua kali, maka sangat dianjurkan untuk caesar berikutnya dilanjutkan dengan tubektomi (steril), karena resiko yang semakin tinggi.

Kalau mau melahirkan secara normal, tidak boleh hamil dalam dua tahun pasca caesar dan tidak boleh berulang indikasi caesarnya. Terimakasih.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.