Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2013, 08:29 WIB

TANYA :

Dok, saya seorang gay. Saya sudah mencari artikel untuk pengobatan saya di internet tetapi hasilnya nol. Saya hanya ingin agar hormon kewanitaan saya hilang, dan berganti menjadi hormon kejantanan yang mampu menyukai wanita secara seutuhnya. Dok apakah saya bisa disuntik hormon atau apapun untuk menyembuhkan saya? Saya hanya karyawan kantor biasa, dan ingin menjadi lelaki normal.  Itulah impian terbesar saya, karena saya tak mungkin menikah kalo bathin saya tidak bahagia dan saya gak mau berpura-pura untuk mencintai wanita, inii saya rasakan sejak kecil (sejak pertama balig). Terima kasih atas jawabannya. 

(UM, 25, Bogor)

JAWAB :
 
Perlu saya jelaskan bahwa gay atau homoseksual terjadi karena penyebab tertentu. Paling sedikit ada 4 faktor penyebab homoseksual. Pertama, faktor biologik yaitu gangguan di pusat seks di otak. Keadaan ini didapat sejak awal sebagai suatu gangguan yang dibawa sejak lahir. Kedua, faktor perkembangan psikoseksual sejak masa kecil. Pada keadaan ini terjadi gangguan dalam perkembangan psikoseksual yang terjadi pada masa kecil. Sebagai contoh, ketika anak merasa penisnya tidak ada lagi karena sudah dipotong oleh ibunya, maka dia tertarik kepada sesama jenis.

Ketiga, faktor sosiokultur yaitu kondisi sosial budaya di suatu masyarakat yang memang memberlakukan hubungan homoseksual. Keempat, faktor lingkungan, Karena pengaruh lingkungan yang menyebabkan seseorang merasakan pengalaman homoseksual, akhirnya menjadkan dia sebagai seorangi homoseksual. Jadi pada orang homoseksual, bukan faktor hormon kejantanan atau kebetinaan yang menjadi penyebab.

Karena itu penampilan orang homoseksual, tidak berarti harus feminin. Sebaliknya, bahkan penampilannya boleh jadi sangat maskulin. Berbeda dengan masalah waria. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh untuk mengetahui apa penyebab Anda menjadi seorang homoseksual. Berarti apakah Anda dapat menjadi seorang homoseksual atau tidak, sangat tergantung kepada penyebab homoseksual Anda.     

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com