Kompas.com - 21/03/2013, 18:00 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Cukup beraktivitas fisik merupakan modal untuk mendapatkan tubuh yang sehat sehingga kualitas hidup pun meningkat. Rajin melakukan aktivitas fisik, menurut para pakar kesehatan, dapat meningkatkan denyut jantung untuk memperbaiki kerja hormon, antara lain hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Selain itu aktivitas fisik membantu membakar kalori.

Namun aktivitas fisik seringkali tidak tercukupi pada pekerja kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan meja kerja. Jangan khawatir jika Anda termasuk di antara mereka. Dengan strategi menyisipkan latihan singkat di sela-sela jam kerja, mungkin Anda dapat mencukupi kebutuhan aktivitas fisik dalam sehari.

Salah satunya dengan melakukan latihan 5 menit pembakar kalori berikut.

1. Tendangan ke depan (1 menit)

Ulurkan kedua tangan Anda ke depan, dan angkatlah kaki kaki hingga menyentuh tangan Anda. Lakukan dengan mengangkat kaki satu persatu dengan kecepatan sedang untuk menghindari cedera. Latihan ini berfungsi untuk membantu menghangatkan tubuh.

2. Squat (1 menit)

Squat merupakan salah satu latihan terbaik untuk bagian bawah tubuh seperti bokong dan paha. Untuk melakukan squat, buka kaki Anda seukuran pinggul (atau bisa lebih besar), kemudian lakukan gerakan seperti Anda hendak duduk, lalu bangkit kembali. Latihan ini dapat menambah tenaga pada latihan Anda, meningkatkan denyut jantung, dan membentuk betis.

3. Push up (1 menit)

Tidak hanya untuk membentuk dada, tapi juga menguatkan bahu dan otot trisep. Apabila gerakan push up umum dirasa terlalu berat maka Anda dapat meletakan lutut Anda di lantai untuk mengurangi beban tubuh.

4. Plank (1 menit)

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.