Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2013, 11:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanker serviks merupakan jenis kanker yang saat ini paling tinggi prevalensinya di Indonesia, terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Kanker serviks terjadi karena adanya infeksi human papilloma virus (HPV) pada leher rahim.

Untuk menghindari infeksi virus, menjaga kebersihan organ kewanitaan perlu dilakukan. Saat menstruasi, kebersihan vagina lebih sulit dijaga. Hal inilah yang kemudian mengembangkan anggapan perlunya menggunakan pembalut khusus yang dapat membantu menjaga kebersihan vagina.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Rumah Sakit CiptoMangunkusumo (RSCM) Gatot Purwoto, pembalut khusus tidak diperlukan saat menstruasi. Alasannya, karena vagina merupakan organ yang unik yang dapat menjaga kebersihannya sendiri, termasuk saat menstruasi.

"Vagina memiliki kadar keasaman yang khusus dan dapat diatur sendiri. Kadar keasaman yang khusus itu diperlukan untuk pertumbuhan bakteri yang dapat melindungi vagina dari masuknya materi-materi asing berbahaya, yang disebut flora normal. Penggunaan bahan-bahan khusus pada vagina dikhawatirkan akan mematikan flora normal tadi," papar Gatot dalam seminar memperingati Hari Kanker Sedunia yang bertema 'Cancer, Did You Know?' Kamis (21/3/2013) kemarin di Jakarta.

Menjaga kebersihan vagina, jelas Gatot, dapat dilakukan hanya dengan membasuhnya dengan air hangat dan menggunakan celana dalam yang bersih. Sedangkan untuk mencegah infeksi, hal yang perlu dilakukan utamanya adalah melakukan vaksinasi. Vaksinasi dilakukan sebanyak 3 kali pada bulan ke-0, 2, dan 6. "Vaksinasi berfungsi untuk mencegah infeksi HPV, dan sebaiknya dilakukan sebelum aktif berhubungan seksual," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com