Kompas.com - 25/03/2013, 11:12 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok, saya berusia 25 tahun dan belum menikah. Saya sudah mengalami keputihan selama bertahun-tahun. Kadang keputihan bening, kuning, keruh, terkadang berbau, tetapi juga kadang biasa saja. TErkadang gatal dan tidak.
 
Saya sudah beberapa kali berkonsultasi ke dokter kandungan dan pernah di USG tetapi katanya tidak ada apa-apa. Pernah juga dicek lendir keputihannya katanya positif bakteri dan virus. Oleh dokter saya diberi obat tetapi kenyataannya keputihan masih berlanjut.
 
Apakah ini bisa menyebabkan kanker dok? Bagaimana menyembuhkan keputihan ini. Sebagai informasi, saya pernah tidak lancar haid, bisa sampai 3 bulan tidak haid. Sekarang sudah lancar dan tidak pernah nyeri haid. Mohon penjelasan dan bantuan dokter. Terima kasih.
(Ima, Ponorogo)

JAWAB:

Ima Yth,
Karena sudah lama dan berulang keputihannya, coba di ulang periksa lendir keputihannya. Namanya periksa kultur-resistensi. Nanti akan diketahui nama kumannya dan jenis obatnya. Keputihan seringkali terkait dengan air disekitar rumah atau kantor , pemakaian celana atau aktivitas fisiknya. Pelajari semuanya. Karena bisa saja keputihannya memang normal.

Prinsipnya adalah pelihara suasana vaginal dalam keadaan stabil dan upayakan kering. Kalau mengganggu segera ke dokter. Karena keputihan yang tidak diatasi dengan baik bisa saja menyebabkan komplikasi rusaknya organ reproduksi. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.