Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2013, 10:17 WIB

TANYA:
 
Anak saya kadang kala mengalami sakit/nyeri di dada. Dan tempat sakitnya tidak tetap, kadang di sebelah kiri atau di kanan. Untuk menghilangkan sakit tersebut, anak saya memukul dada yang nyeri tersebut dengan tangan dikepal.

Apakah ini gejala sakit jantung? untuk informasi, pada saat tidur anak saya harus memakai kipas angin yang langsung mengarah ke badannya. Jika tidak, dia tidak akan bisa tidur. Mohon bantuan dokter, apa yang harus kami lakukan.
 
(Ziel, Denpasar)

JAWAB :
Nyeri dada dapat diderita oleh anak. Penyebabnya dapat bermacam-macam. Nyeri dada dapat disebabkan karena ada kelainan di jantung, paru, otot dan tulang maupun nyeri yang berasal dari saluran cerna seperti lambung.

Adanya riwayat trauma tumpul, posisi tertentu saat tidur yang tidak nyaman, adanya beban yang berlebihan seperti mengangkat benda yang berat, dapat juga menjadi penyebab keluhan ini.
Untuk lebih memastikannya sebaiknya ia dibawa ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Mengenai faktor kipas angin tidak memiliki hubungannya dengan penyebab keluhan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com