Kompas.com - 03/04/2013, 08:20 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Bila Anda adalah wanita yang sedang menjalani proses kehamilan, jangan merasa sungkan untuk tidur siang. Bagi mereka yang hamil, tidur siang bahkan disarankan.

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan kerap membuat ibu kerap merasa lemah, lelah, letih dan lesu. Apalagi ibu  hamil kerap menderita kurang tidur yang berdampak buruk bagi kesehatan diri dan janin yang dikandung.

Walaupun tidak bisa membayar hutang tidur malam, tidur siang yang cukup akan membantu ibu mendapatkan kembali energi yang hilang. Energi ini dapat digunakan ibu untuk  kembali beraktivitas dan menjaga kesehatannya. Tidur siang juga bisa menjaga kewaspadaan, mempertajam memori, dan mengurangi rasa lemah.

Idealnya ibu yang tengah mengandung melakukan tidur siang setiap hari. Hal ini penting terutama pada kehamilan trimester pertama dan ketiga, saat kelelahan mencapai puncaknya. Sebuah penelitian yang dilakukan National Sleep Foundation menemukan, lebih dari 50 persen wanita hamil sedikitnya tidur siang sekali saat hari kerja. Sedangkan 60 persen  memilih tidur siang saat sedang berakhir pekan.

"Saat ibu hamil merasa lelah dan harus tidur sebaiknya lakukan saja, lamanya waktu tidak jadi masalah," kata dokter ahli tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Menurut Andreas, ibu hamil bisa tidur selama 2-3 jam bergantung usia ketika wanita sedang hamil. Ibu yang hamil di usia 20-an memiliki total jam tidur  mencapai 10 jam, dengan lama tidur siang 2-3 jam.

Energi yang didapat saat tidur siang bisa menjadi tabungan tenaga bagi ibu saat buah hati sudah lahir. Andreas mengatakan sampai bayi berusia 24 bulan, kedua orangtua  akan kehilangan jam tidur setara 6 bulan.

Wanita hamil juga harus mengatur waktu tidur siangnya agar tidak mengganggu jam tidur malam. Tidur siang yang terlalu telat, tentu akan mengganggu jam tidur malam.  Akibatnya beberapa bumil yang tidak bisa tidur saat malam hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.