Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Saling Percaya Jelang Dialog Nuklir Iran

Kompas.com - 03/04/2013, 17:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengingatkan pentingnya rasa saling percaya menjelang dialog nuklir lanjutan Iran di Almaty, Kazakstan. Menurut warta Xinhua pada Rabu (3/4/2013), China bakal mengirimkan delegasi di bawah kepemimpinan Asisten Menteri Luar Negeri Ma Zhaoxu pada Jumat (5/4/2013) dan Sabtu (6/4/2013).

Dialog nuklir itu dihadiri pula oleh Iran serta mitra dialog dari Inggris, AS, Rusia, Perancis, Jerman, dan China. Terakhir, dialog dihelat pada Februari silam.

Pada Maret lalu, para pakar nuklir pihak-pihak tersebut sempat bertemu di Istanbul, Turki. Mereka membicarakan soal rancangan proposal untuk meminta Iran menghentikan program pengayaan uranium.

Pihak China, imbuh Hong Lei, tetap menekankan dialog sebagai jalan satu-satunya menuntaskan problem tersebut. "Kami siap menjadi mediator dan memainkan peran konstruktif," kata Hong Lei.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com