Kompas.com - 03/04/2013, 17:41 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengingatkan pentingnya rasa saling percaya menjelang dialog nuklir lanjutan Iran di Almaty, Kazakstan. Menurut warta Xinhua pada Rabu (3/4/2013), China bakal mengirimkan delegasi di bawah kepemimpinan Asisten Menteri Luar Negeri Ma Zhaoxu pada Jumat (5/4/2013) dan Sabtu (6/4/2013).

Dialog nuklir itu dihadiri pula oleh Iran serta mitra dialog dari Inggris, AS, Rusia, Perancis, Jerman, dan China. Terakhir, dialog dihelat pada Februari silam.

Pada Maret lalu, para pakar nuklir pihak-pihak tersebut sempat bertemu di Istanbul, Turki. Mereka membicarakan soal rancangan proposal untuk meminta Iran menghentikan program pengayaan uranium.

Pihak China, imbuh Hong Lei, tetap menekankan dialog sebagai jalan satu-satunya menuntaskan problem tersebut. "Kami siap menjadi mediator dan memainkan peran konstruktif," kata Hong Lei.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.