Kompas.com - 04/04/2013, 09:07 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Halo dok, saya mau konsultasi  dok! Anak saya laki-laki umur 8 bulan, BB nya 9,7 kg. Di lipatan leher anak saya timbul bintil-bintil merah berisi cair dok. Awalnya hanya sedikit. Kok sekarang kalau bintil itu pecah nambah banyak bintil2nya.
 
Anaknya tidak merasa panas dan nggak rewel. Tapi terkadang saat diperhatikan digaruk-garuk lehernya oleh anak saya. Mungkin karena gatal.  Sekarang bintil-bintilnyanya sudah banyak di lipatan bawah dagu,leher depan, dan leher belakang. Gimana ya dok penyembuhannya? Trims
 
(Susan, Pandeglang)

JAWAB :

Tampaknya si kecil termasuk gizi baik dan mungkin memiliki lipatan-lipatan lemak yang agak berlebih di sekitar leher, sehingga daerah tersebut agak lembab. Bintil-bintil itu dapat saja merupakan gejala biang keringat (miliaria) yang dapat terasa gatal dan bertambah banyak bila dia sedang berkeringat.

Pencegahannya adalah dengan menjaga agar daerah lipatan-lipatan tersebut tetap kering, mengganti pakaiannya bila basah oleh keringat. Sementara ini mungkin untuk mengurangi bintil-bintil yang masih ada sebaiknya diberikan krim steroid dosis rendah untuk sekedar mengurangi gejalanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.