Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2013, 09:37 WIB

TANYA:
 
Saya sekarang hamil anak ketiga. Persalinan pertama harus dilakukan dengan SC karena gagal induksi dan ketuban sudah pecah duluan. Ketika anak berusia 13 bulan, saya hamil lagi anak kedua, persalinan SC lagi. Dan ketika anak kedua berusia 13 bulan, saya hamil lagi, sekarang 3 bulan.
 
Yang Saya tanyakan : 1. Apa yang harus saya waspadai di kehamilan ketiga ini berhubung jarak kehamilan yang dekat? 2. Bolehkan saya masih menyusui anak saya ketika saya hamil lagi? 3. Haruskah saya disteril setelah persalinan anak ketiga? Bagaimana efek steril nanti? Terima kasih.
 
(Ilhami, Majalengka)
 

JAWAB:

Ibu Ilhami Yth,
Terimakasih untuk emailnya. Untuk kehamilan ketiga dengan jarak yang sangat dekat dengan bekas operasi caesar 2 kali, maka kehamilan ibu tergolong resiko tinggi. Yang harus diwaspadai adalah robek di bekas luka operasi, terutama setelah kehamilan 28 minggu.

Untuk menyusui selama hamil tetap boleh dilakukan. Resikonya adalah kontraksi yang mungkin bisa menyebabkan keguguran. Silahkan di pelajari dan konsultasikan dengan dokter yang menangani.

Menurut literatur, pasca operasi sesar 2 kali adalah resiko tinggi dan risikonya akan lebih tinggi lagi pasca operasi ketiga kali. Karena itu sangat di anjurkan untuk dilakukan steril. Tidak ada yang mewajibkan, tapi dokter memang harus menjelaskan resikonya. Selanjutnya pasien yang akan menentukan. Efek dari tindakan steril sendiri hampir tidak ada, karena hanya akan membuntu saluran telur (tuba falopi).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com