Kompas.com - 05/04/2013, 09:37 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Saya sekarang hamil anak ketiga. Persalinan pertama harus dilakukan dengan SC karena gagal induksi dan ketuban sudah pecah duluan. Ketika anak berusia 13 bulan, saya hamil lagi anak kedua, persalinan SC lagi. Dan ketika anak kedua berusia 13 bulan, saya hamil lagi, sekarang 3 bulan.
 
Yang Saya tanyakan : 1. Apa yang harus saya waspadai di kehamilan ketiga ini berhubung jarak kehamilan yang dekat? 2. Bolehkan saya masih menyusui anak saya ketika saya hamil lagi? 3. Haruskah saya disteril setelah persalinan anak ketiga? Bagaimana efek steril nanti? Terima kasih.
 
(Ilhami, Majalengka)
 

JAWAB:

Ibu Ilhami Yth,
Terimakasih untuk emailnya. Untuk kehamilan ketiga dengan jarak yang sangat dekat dengan bekas operasi caesar 2 kali, maka kehamilan ibu tergolong resiko tinggi. Yang harus diwaspadai adalah robek di bekas luka operasi, terutama setelah kehamilan 28 minggu.

Untuk menyusui selama hamil tetap boleh dilakukan. Resikonya adalah kontraksi yang mungkin bisa menyebabkan keguguran. Silahkan di pelajari dan konsultasikan dengan dokter yang menangani.

Menurut literatur, pasca operasi sesar 2 kali adalah resiko tinggi dan risikonya akan lebih tinggi lagi pasca operasi ketiga kali. Karena itu sangat di anjurkan untuk dilakukan steril. Tidak ada yang mewajibkan, tapi dokter memang harus menjelaskan resikonya. Selanjutnya pasien yang akan menentukan. Efek dari tindakan steril sendiri hampir tidak ada, karena hanya akan membuntu saluran telur (tuba falopi).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.