Kompas.com - 05/04/2013, 13:27 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Mariyuana atau ganja sebenarnya sudah sejak lama dipakai untuk mengobati penyakit. Namun, dalam dunia kedokteran modern, pemanfaatan ganja masih kontroversial. Meski begitu, sebuah keluarga di Oregon, Amerika Serikat, menggunakan ganja untuk mengatasi autisme berat yang diderita anak mereka.

Adalah Jeremy Echols, ayah dari Alex, anak penyandang autisme berusia 11 tahun. Alex gemar menyakiti dirinya sendiri. Saat berusia 5 tahun, ia telah menunjukkan gejala autisme berat, antara lain membenturkan wajahnya ke tembok hingga memar.

Namun, keadaan ini berubah semenjak Jeremy memberikan program pengobatan dengan menggunakan ganja kepada Alex. Terjadi perubahan dramatis pada perilaku Alex.

"Dia pernah memukuli dirinya sendiri hingga berdarah-darah dalam jangka waktu satu jam atau satu setengah jam. Seharusnya, dia dapat bermain normal dengan mainan, namun saat itu sangat tidak mungkin," ujar Jeremy.

Jeremy kemudian mulai memberikan obat ganja cair tiga kali seminggu pada Alex.

American Academy of Pediatrics melarang pengunaan ganja terhadap anak-anak sekalipun sebagai obat. Hal tersebut disebabkan ganja bersifat racun untuk perkembangan otak anak. Selain itu, belum diketahui efek samping dari penggunaan ganja dalam waktu lama.

Kendati demikian, bagi keluarga Echols, manfaat yang didapatkan dari pengobatan ganja lebih besar daripada efek sampingnya.

"Bagi kami, efek samping obat yang belum diketahui tersebut mungkin bukan apa-apa dibanding dengan perilaku menyakiti dirinya sendiri," ujar Jeremy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.